Asam Padeh Ikan Mas Khas Aceh

By | 14 Mei 2018

Bismillaahirrohmaanirrohiim
Udah lama banget ga nulis resep yang sudah turun menurun
Kali ini mengolah ikan mas yg dimasak jadi asam padeh. Seger banget rasanya. Sebenarnya kuah asam padeh udah cukup pedas tapi tetep aja aku bikin sambel tomat utk nemenin lalapan selada & bayam rebus, hehe.. Mantap!  Yuk simak cara pembuatanya

Bahan-bahan

1 porsi

  1. 2 ekor ikan mas, bersihkan, kucuri air jeruk nipis dan garam
  2. 700 ml air
  3. Secukupnya minyak utk menumis bumbu
  4. Gula
  5. Garam
  6. >> Bumbu Halus:
  7. 9 buah cabe merah
  8. 5 buah cabe rawit merah
  9. 6 butir bawang merah
  10. 3 siung bawang putih
  11. 2 ruas jahe
  12. 1 ruas lengkuas (aku ga pake, keabisan)
  13. 2 ruas kunyit
  14. 2 butir kemiri
  15. >> Bumbu Cemplung:
  16. 1 batang sereh digeprek
  17. 3 lembar daun salam
  18. 3 lembar daun jeruk
  19. 5 buah cabe rawit hijau (sesukanya aja)
  20. 1 buah tomat merah, potong-potong
  21. 1 keping asam

Langkah

  1. Tuangkan air, masak hingga mendidih  
  2. Panaskan minyak secukupnya, tumis bumbu halus serta sereh, daun salam dan daun jeruk. Masak hingga bumbu matang dan harum. Lalu tuangkan ke dalam rebusan air.  
  3. Setelah mendidih masukkan ikan, asam keping, tomat potong dan cabe rawit hijau  
  4. Didihkan kembali, bumbui dengan gula dan garam. Tes rasa. Setelah ikan matang, matikan api. Siap disajikan 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *